Menu
/

www.momsinstitute.com - acara jumpa penulis 2 telah dilaksanakan di Universitas Terbuka. Acara pembukaan cukup meriah dengan pemateri langsung dari founder KMO yaitu Tendi Murti. Memberikan suntikan motivasi kepada hadirin untuk menulis dan membagikan karya yang bermanfaat.

Jumpa penulis 2 dengan lokasi Acara di Universitas Terbuka Convention Center, Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Tepatnya di Jl. Pondok Cabe Raya, Pd. Cabe Ilir, pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten


Ada 8 Pemateri yang siap membagikan ilmunya yaitu pematerinya :
1. Ustadz Nasrullah
2. Oki Setiana Dewi
3. Dewa Eka Prayoga
4. Helvy Tiana Rosa
5. Rendy Saputra
6. Sinta Yudisia
7. Pidi Baiq
8. Tendi Murti

Seperti tahun lalu Jumpa Penulis 2017 ada acara puncak yaitu launching novel Bidadari Untuk Dewa. Pun dengan kali ini di Jumpa Penulis 2, acara puncaknya  launching buku Narasi Negeri Berdaya karya Rendy Saputra.



 Sepintas tentang buku *Narasi Negeri Berdaya*

Singapura negara kecil yang berpenduduk kurang lebih 5 juta jiwa. Jumlah ini ekivalen dengan penduduk Kabupaten Bogor, salah satu Kabupaten di negeri Indonesia.
Nihil sumber daya alam, minim lahan, itulah Fakta Negeri Singapura. Tetapi di tangan pemimpin bernarasi seperti Lee Kuan Yew, Singapura menjadi negara kuat di Asia Tenggara.
Pertama politik harus stabil, tangan besinya meluruskan kekuatan politik negeri. Yang kedua, Singapura berfokus menjadi pusat perdagangan di Asia Tenggara, Singapura menjadi rumah bagi para trader. Tidak punya minyak tetapi bisa menjual minyak. Tidak punya gas tetapi dapat menjual gas. Tidak punnya besi tapi mampu berjualan besi.

Narasi ini mendorong lahirnya pelabuhan peti kemas kelas dunia. Bandar Udara dengan traffic tinggi, dan suguhan fasilitas sebagai dukungan pada proses dagang. Singapura berhasil berjalan diatas narasinya. *
Perih rasanya jika negara demi negara kita bahas kemajuannya. Ini belum tentang Thailand yang berhasil menjadi "dapurnya" dunia. Bahkan berhasil mengembangkan industri buah-buahan yang bibit unggulnya ditemukan di Indonesia. Miris memang.
Belum lagi Cina dengan One Belt One Road nya (OBOR) sebuah narasi utama Negeri Tiongkok hari ini yang berniat membangun jalur dagang mengelilingi dunia, dan menguasai dua pertiga ekonomi dunia. Hanya dengan satu narasi : OBOR.
Lalu bagaimana cara bangsa ini agar bisa mengejar ketertinggalan bangsa-bangsa maju? Bagaimana caranya agar kita tidak hanya berjalan tetapi juga bisa berlari mengejar mereka? Bagaimana cara nya agar kita tidak sekedar cepat, tetapi juga melakukan percepatan dalam pembangunan?


Jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah : NARASI.
Negeri ini butuh narasi baru...
Bangsa ini butuh narasi segar...
Republik ini butuh narasi liar... Kita sebagai anak negeri membutuhkan NARASI yang menghujam dan menjadi peta baru menuju Indonesia Negeri Berdaya!


Tendi Murti memberikan motivasi bahwa menulis itu bukan hanya untuk diri sendiri. Tetapi membawa perubahan untuk negeri.

Apa yang Kang @dewaekaprayoga sampaikan di seminar @jumpapenulis .Bahwa karya adalah 'anak' yang harus diperjuangkan sampai sukses, best seller. .
.


Jadi, setelah terbit bukan selesai. Tapi masih berproses hingga sampai ke pembaca. Penjualan-penjualan buku karya Kang Dewa Eka Prayoga selalu best seller bahkan selalu diatas 10ribu eksemplar.

Ustadz Nasrullah menanamkan keyakinan pada peserta jumpa penulis melalu isi buku Magnet Rezeki. Dengan ilmu magnet rezeki, apa yang kita harapkan atau inginkan setelah peraduan kepada Sang Maha Kaya akan ada jalan untuk mendapatkannya.



Oki Setiana Dewi memaparkan hobi menulisnya. Keyakinan bahwa apa yang ia tulis adalah dakwah di muka bumi ini. Jadi tidak ada alasan ditengah kesibukannya ia tak berbagi ilmu kepada semua orang. Tentu saja semua yang dilakukannya atas izin suami. Suamilah orang pertama yang mensupportnya.

Bunda Shinta Yudisia menebarkan sastra santun dan produktif berkarya. Untuk jejak-jejak positif yang bisa memberi inspirasi.

panitia bersama bunda Shinta Yudisia


Bunda Helvy Tiana menambahkan sastra santun dan perdamaian literasi, penulis atau sastrawan punya tugas mulia yaitu :
1. Mengungkap kebenaran
2. Membawa pencerahan
3. Memberikan kebahagiaan rasa senang sekaligus ilmu pengetahuan



Apa itu puisi?
Yaitu sebuah dunia dalam kata (dresden),
 kata-kata terindah dalam susunan terindah (coleridge)
Sesuatu yang infiniti dan tak terdefinisi (helvy Tiana Rosa)



Bunda Helvy hidup dengan berpuisi, untuk membuat unsur puisi yang kaya yaitu emosi, imajinasi, pemikiran, ide, nada, irama, kesan,panca indera, susunan kata, kata kiasan, kepadatan dan perasaaan yang bercampur baur.



Banyak bertabur ilmu dan juga pengalaman sukses dari penulis-penulis ternama. Jumpa Penulis 2 memang menjadi wadah sejuk untuk merekkan para penulis berpengalaman kepada para penulis pemula. 


Dokumentasi lainnya 

kids  corner di Jumpapenulis 2



Stand Jumpa Penulis 2


Panitia Jumpa penulis 2


Foto bersama Kang Rendy Saputra 



Foto bersama Ustadz Nasrullah
Bersama Oki Setiana Dewi di Jumpapenulis 2

Bersama Helvy Tiana Rosa
Peserta Jumpa penulis 2

Sampi berjumpa lagi di Jumpa Penulis 3 tahun depan, Jumpa Penulis 2019.


Salam Jumpa Penulis 
1 komentar:

Banyak juga ya penulis-penulis yang hadir , sukses jumpapenulis

Reply

Powered by Blogger.