Menu
/

www.MomsInstitute.com - Pernah melihat petir dan suara guruh yang menggelegar? Itu adalah rangkaian peristiwa yang berasal dari awan Cumulonimbus. Awan adalah salah satu media pembelajaran, yang disajikan alam untuk anak-anak kita tercinta. Buku ini berisi pengetahuan tentang aneka bentuk awan dan  nama-namanya. Melalui awan Cumulonimbusyang menakjubkan, kita bisa mengenalkan anak-anak pada SangPencipta. Di buku ini juga diceritakan mengenai bagaimana sikap RasulullahSAW ketika melihat awan Cumulonimbus bergelantung di langit, doa ketika hujan dan  mendengar guruh serta cuplikan kisah umat terdahulu yang mendapat azab dari Allah melalui awan Cumulonimbus. Di akhir buku, disediakan kegiatan menarik untuk anak berupa percobaan membuat awan dan petir. 


Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dari ‘Aisyah radhiallahu’anha, bahwa beliau berkata:
“Biasanya Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam ketika ada angin kencang beliau berdoa : 
allohumma innii as’aluka khoiroha wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bihi, wa a’udzuubika min syarrihaa wa syarri ma ursilat bihi/

(Ya Allah aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini dan kebaikan dari apa yang dibawanya, dan aku memohon perlindungan pada-Mu dari keburukan angin ini dan dari keburukan apa yang dibawanya).



Apabila langit berawan gelap dan berubah warnanya, Nabi keluar dan masuk rumah, ke hadapan dan ke belakang (karena khawatir). Bila hujan turun, maka kekhawatiran beliau itu diketahui dari raut wajahnya. Maka aku (Aisyah) bertanya kepada beliau mengapa demikian. Beliau menjawab: 'Wahai ‘Aisyah, bisa jadi itu sebagaimana yang terjadi pada kaum Ad'" (HR. Muslim no. 899)



Judul: Cumulonimbus
Penerbit: Mandiri Jaya
Pengarang: Bunda Ocan ; penyunting, Nisa Yustisia
Tahun: 2019
ISBN: 978-602-0799-99-5



Masya Allah buku ini sangat recommended untuk dimiliki. Karena didalamnya banyak ilmu yang membantu menjawab rasa penasaran kita dan anak tentang awan sampai praktek cara membuat awan dan petir. Didukung dengan gambar yang sangat menarik dan kisah sejarah nabi dan umatnya terdahulu. Barakallah.
Ustaz, H. Muammar Siagian. Lc
-Imam Masjid Agung Ushuluddin. PT.  Chevron Pasifik Indonesia - Duri
-Ketua Yayasan Pendidikan Islam Ubay Bin Ka'ab - Duri



Buku ini menginspirasi dan penuh edukasi. Menjelaskan fenomena awan cumulonimbus, wajib dibaca!

Dr. Dedi Irawan
Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau

"Buku yang sangat _recommended_..!
Uraian dari penulis membuat pembacanya ingat Allah dengan memikirkan fenomena Awan sehingga mensyukuri setiap karuniaNya... cocok untuk dibaca bukan hanya bagi anak-anak, tapi juga orang dewasa."

- Guntur Gantara, ST,  MMT
Founder Sekolah Alam Duri
Ketua Regio SUMBAGUT Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN)


Ini buku anak mengenai awan yang sangat lengkap. Tak hanya bicara awan secara sains dengan rinci dari konsep dasar hingga eksperimen yang bisa diikuti dengan bahan-bahan yang mudah ditemui, tapi juga sarat unsur edukasi yang menyentuh sisi spiritualitas anak dari tauhid hingga praktek ibadah. Diceritakan secara natural, ringan, dengan plot yang penuh kejutan untuk anak-anak. Buku ini juga kaya muatan akademis yang memantik daya nalar, kreativitas, dan cara berpikir kritis anak-anak. Saya merekomendasikan buku ini sebagai bahan bacaan anak menjelang tidur dan bahan ajar bagi para guru sains atau IPA di sekolah. 

(Erma Yulihastin, peneliti Sains Atmosfer pada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).

Bagi yang ingin memesan buku ini bisa langsung pesan ke nomor 0812-1400-7545 atau langsung klik di PenerbitMJB

Salam Inspirasi

Powered by Blogger.