-->
Menu
/
picture by sajiansedap.grid.id

www.MomsInstitute.com – Mom’s siapa yang suka dengan kencur? Kencur bisa untuk bahan luluran, maskeran, juga digunakan untuk bumbu masakan dan juga campuran minuman. Kencur banyak sekali manfaatnya ya. Selain itu juga rimpang ini dikenal sebagai obat, baik untuk diet, mengobati luka, bahkan sakit batuk, pilek, badan lemas, dan menghangatkan tubuh. Nah, bukan hanya jahe saja kan, ternyata ada kencur yang juga memiliki sejuta manfaat. 


Bahkan kencur ini juga menjadi menu andalah orang sunda, yang sering memakan kencur muda sebagai lalapan, tinggal makan saja mentah-mentah, tapi kencurnya juga sudah dicuci bersih dahulu. Ada juga penyanyi yang rajin minum kencur agar suaranya tetap terjaga. 

Mom’s  ada yang sudah pernah bikin olahan masakan dengan kencur?  Yuk kita biasakan memasak dengan kencur disetiap menu yang kita sajikan. Masih ada yang bingung bentuk kencur itu yang mana?  Kalau lihat kencur muda berwarna putih, sedangkan kencur tua agak kecoklatan. Kencur ini sepintas mirip jahe dan kunyit, namun kalau dikupas kulitnya, dalamnya agak berwarna putih pucat. Selain itu kencur punya aroma yang khas. 


Manfaat Kencur :

1. Menambah nafsu makan 

Kenapa sekarang ini banyak vitamin penambah nafsu makan, berbahan kencur? Karena menurut penelitian memang kencur dapat menambah nafsu makan. Jadi, moms bisa juga nih menambahkan bumbu kencur pada masakan olahan moms, baik kencur diiris-iris tipis memanjang, diparut, ditumbuk, atau juga digeprek. Kencur yang memiliki aroma khas dan juga menambah cita rasa masakan, minuman bahkan makanan ringan. 


2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pernah melihat minuma kencur, jamu kencur, atau makanan olahan dari kencur yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kencur memiliki khasiat yang tak diragukan lagi.

3. Menghangatkan tubuh

Orang tua membalur parutan kencur pada tubuh anaknya dicuaca yang dingin. Selain itu ada juga yang memeras parutan kencur hingga keluar kandungan minyak atsiri yang ketika dioleskan atau dibalur pada area tubuh akan teasa hangat. 

4. Mencegah kelelahan

Badan mudah lelah, tubuh sering terserang penyakit, serta mudah sekali lelah sehinga aktivitas jadi terganggu. Bisa dengan menambahkan minuman dengan racikan kencur atau masakan dengan bumbu dasar kencur agar tubuh kembali fit dan tidak mudah lelah. 

Maka banyak yang membuat menu santapan dengan berbahan bumbu kencur, seperti urap, kangkung tumis kencur, sayur bayam jagung kencur, seblak, nasi goreng kencur, ikan gurame bumbu kencur, katapang kencur, rempeyek udang kencur, gado-gado kencur, dan lain-lain.

Resep masakan dengan bumbu Kencur


doc.pribadi - bakwan kencur 

Resep Bakwan Kencur 

Bahan :
  • 250g terigu 
  • 8 siung bawang putih
  • 2ruas kencur 
  • Garam
  • Kemiri
  • Air 
  • Irisan wortel 
  • Irisan kol
  • Minyak goreng

Cara buat masukkan terigu campurkan air hingga cair lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan bumbu (kencur,bawang putih,garam dan kemiri). Masukkan irisan wortel dan kol. Goreng di wajan yang sudah berisi minyak yang panas. Goreng sedikit demi sedikit hingga siap disajikan. 

dok.pribadi - sayur tahu baso sawi kencur 



Resep Tahu Baso Sawi Kencur

Bahan :
Tahu 10 buah
bakso 12 buah
Air
Sawi 1 ikat 
5 bawang putih 
garan
2 ruas kencur

Cara buat : Masukkan air dalam panci, masukkan tahu yang sudah dipotong kotak, bakso yang sudah diiris pipih, bawang putih digeprek lalu dicincang tipis-tipis, kencur geprek, masukkan garam, lalu sawi. Angkat dan  siap disajikan. 

dok.pribadi Kikil bumbu kunging kencur 


Resep Kikil Bumbu Kuning Kencur

Bahan : 
  1. Kikil diiris dadu
  2. Kunyit 
  3. bawang putih 7 siung
  4. 2 ruas kencur 
  5. 4 Kemiri 
  6. Daun jeruk 
  7. Garam
  8. Salam 
  9. Minyak untuk menumis bumbu

Cara masak : haluskan bumbu (bawang putih, kemiri, kencur), masukkan ke dalam wajan yang saudah dipanasi minyak, masukkan kikil, aduk menyatu dengan bumbu, masukkan daun jerut dan daun salam,beri garam. lalu angkat dan siap disantap.

urab pecel kencur 
Resep Urab Pecel Kendur

Bahan :
  • labu 
  • kol
  • toge
  • Kacang tanah yang sudah digoreng
  • 7 bawang putih 
  • 2 ruas kencur 
  • cabe rawit optional
  • garam
Cara buat : kacang tanah yang sudah digoreng diulek halus/bisa juga diblender, lalu tambahkan bawang putih, kencur. Setelah bumbu halus bisa digoreng kembali dan tambahkan garam. Kemudian bahan labu, kol,wortel dikukus atau rebus. Lalu tinggal santap urab pecel kencur 

Masih banyak lagi resep yang bisa mom's explore dengan bumbu dasar kencur ataupun moms bisa berbagi resep dan pengalaman tentang menu-menu spesial dari bahan kencur. Yuk share di kolom komentar, apa saja menu andalan moms. 


Salam Inspirasi 

Powered by Blogger.