Menu
/

www.momsinstitute.com - Membuat Jadwal Menulis. Mom, sebagai istri sekaligus ibu dari anak-anak pernahkah merasa waktu untuk diri sendiri 'me time' begitu sulit. Jangankan untuk me time, untuk istirahat dan makan dengan tenang pun sulit. Apalagi bagi ibu yang anaknya usia balita, serta bukan hanya mengurus satu balita, dua balita atau lebih, termasuk balita yang paling besar juga :). Lalu bagaimana jika mom ingin menyalurkan hobi yang disukai, baik hobi melukis, hobi menulis, dan lainnya. Padahal bagi ibu rumah tangga menyalurkan hobi khususnya menulis adalah bentuk terapi juga. Yuk, kita buat jadwal menulis yang teratur. Sekalipun ritme sebagai seorang ibu tidak pernah ada waktu santai. 




Mom, menulis itu buka hanya diniatkan namun juga perlu usaha kerja keras agar semua keinginan dapat terwujud. Terlebih jika menulis itu akan membuat mom semakin rileks. Sekalipun ritme kerja ibu rumah tangga selalu saja sibuk, tentu ada waktu-waktu di mana mom bisa buatkan jadwal menulis yang teratur agar naskah cepat selesai juga. 


Membuat Jadwal Menulis Yang Teratur



1. Buatlah agenda pekerjaan selama sehari.


Sehari memang 24 jam, semua orang sama. Sekalipun orang kaya tidak ada yang sehari 26 atau 30 jam. Tapi ritme kerja setiap orang bisa berbeda-beda, pun pencapaian kesuksesan mereka bisa berbeda juga. Untuk itu cobalah buat jadwal harian dari mulai bangun tidur hingga mau tidur lagi. Untuk evaluasi kapan ada waktu untuk membuat jadwal menulis yang teratur. 



2. Diskusikan dengan pasangan ada 'me time'di hari tertentu untuk fokus menulis. 


Hal yang membahagiakan adalah ada support dari keluarga tercinta, pasangan yang selalu mendukung serta anak-anak yang pengertian. Bagi seorang mom pastinya bangga jika orang terdekat menjadi obat kuat untuk kita terus melangkah ke medan selanjutnya. Menulis pun tidak hanya perjuangan seorang diri tetapi juga ada dukungan dari keluarga. 

Suami yang mendukung satu jam untuk me time istrinya menulis, adalah suami paling romantis sedunia. Kenapa, ia menjadi suami sejati dalam satu jam yang berperan menghandle rumah dan juga menjaga anak-anak, ketika istri fokus pada hobina. 

3. Buat waktu-waktu spesial untuk menulis 

  • Pagi hari 1 : sekitar jam 3 sampai jam 5 pagi

    Kantuk menjadi alasan seorang mom melewati jam ini, apalagi busui yang harus ada bayi yang pastinya setiap malam menempel padanya. Namun, bagun disepertiga malam dalam ketenangan,sholat malam dan juga mengetik sungguh mengasyikkan. Tak ada waktu yang bikin tenang bagi ibu selain diwaktu sepertiga malam.
  • Pagi hari 2 : sekitar jam 7 sampai jam 10 saat anak-anak ke sekolah

    Rumah pasti ada jam-jam sepi, segera manfaatkan mom untuk eksistensi diri da menyalurkan hobi. Di mana mom bisa memilih kegiatan yang cocok.
  • Siang hari : ketika anak tidur siang.

    "Jangan bangunkan anak yang sedang tidur, karena kalau mereka bangun, kelar hiduplho! Ini benar banget,mereka tidur dengan nyenyak syurga bagi ibu rumah tangga untuk melakukan hal-hal lainnya yang bermanfaat. 

  • Malam hari : Ketika ada ayahnya anak yang menjaga anak-anak, atau ketika anak-anak sudah tertidur lelap. 


4. Week end yang spesial


Bagi seorang penulis week end atau minggu dapat menikmati menulis dengan tenang tanpa diganggu rutinitas pekerjaan adalah sebuah kebahagiaan. Di mana jenuh yang menumpuk selama seminggu bisa disalurkan pada hari libur. Menyenangkan juga jika naskah yang disusun dalam draft-draft coretan di buku tulis bisa diketik rapi dalam laptop dan menyicil naskah hingga selesai. Memang cara ini bisa dikatakan cukup bahaya karena mengorbankan waktu kebersamaan keluarga,waktunya senang-senang jalan-jalan sekeluarga atau silaturahmikeluarga. Namun, sesekali menikmati week end perjuangan untuk sebuah janji menyelesaikan naskah. Sekali tombol enter awal paragraf di tekan, tak akan mundur sampai enter end. Itulah perjuangan menjadi penulis. 





Salam inspirasi 
9 comments

Benar,segala sesuatu tanpa dibuatkan jadwal kurang konsisten. Jadi harus bikin agenda agar tertata.

Reply

Agenda tertata dan harus disiplin :)

Reply

Seru juga bikin jadwal nulis, harapan selalu jadi harapan :)

Reply

Yup, agenda dibuat untuk dijalankan :)

Reply

Harapan selalu ada bagi mereka yang menginginkan perubahan :)

Reply

Iya aku saja yang belum punya anak kadang masih suka keteteran hehehe. Semangat lhaa untuk para mom blogger

Reply

Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Semoga selalu semangat menulis.

Reply

Kalo mau konsisten memang harus ada jadwal khusus ya, terima kasih tipsnya kak

Reply

Iya, semoga selalu semangat dalam menulis kebaikan :)

Reply

Powered by Blogger.