Menu
/


www.momsinstitute.com - 101 Blogpost Yang Menarik. Moms suka bingung nggak sih di depan laptop terpaku lama tidak tahu mau nulis tentang apa? Padahal dipikiran tuh banyak sekali ide berseliweran ingin segera dieksekusi tapi bingung mulai dari mana? Sampai akhirnya buka blog tapi tetap saja nggak maju-maju tulisannya. Mumpung akhir bulan dan mulai menyambut persiapan awal bulan berikutnya, yuk kita buat 30 judul blogpost yang menarik selama sebulan. 


101 Ide Blogpost Yang Menarik : 


1. Jalan-jalan santai atau perjalanan wisata moms sekeluarga 


Awal bulan pastinya ada momen yang bisa dibagikan. Bisa jalan-jalan santai silaturahmi ke rumah saudara atau orang tua, tuliskan aja rute perjalanan moms sekeluarga. Apalagi jika sambil berwisata ke tempat rekreasi yang indah dan menawan. Semua hal yang moms lakukan bisa moms tuliskan, seperti :

  • Mempersiapkan sebelum keberangkatan
  • Membuat jadwal perjalanan dan tempat tujuan
  • Cara menyisihkan uang untuk jalan-jalan
  • Rute perjalanan dari rumah moms sampai ke tempat tujuan
  • Kendaraan apa yang dipakai, rincian biaya, tingkat kenyamanan, kemacetan, dll 
  • Beli oleh-oleh 
  • Ciri khas daerah tujuan, makanan, minuman, kebiasaan masyarakat, dsb.


Banyak juga kan, dari tema wisata ini pun bisa dikembangkan lagi hingga banyak poin yang dijabarkan untuk postingan. Foto-foto moms selama liburan pun bisa jadi cerita pengalaman yang menarik. Bertemu orangtua, paman dan bibi, kakek dan nenek, serta sahabat moms yang dijumpai pun bisa jadi cerita menarik dan kenangan yang tertuliskan. 


2. Resep Masakan


Moms, selama sebulan di rumah saja, nggak pernah jalan-jalan? Nggak ada budget buat traveling? Nggak usah sedih sih. Tuliskan saja resep masakah sederhana yang dimasak sehari-hari selama sebulan satu resep. Gimana? Seru kan. 


Kalau ada dana lebih, makan di restoran atau tempat makan, bisa juga tuliskan review tempat makanan tersebut. Nggak bisa masak, nggak pernah ke restoran juga? Beli di warteg? Nggak apa-apa moms tuliskan saja petualangan moms menemukan makanan untuk di santap sehari-hari, seperti :
  • Sarapan uduk dan lauk cuma 10 ribu
  • Sarapan hemat bikin sendiri
  • 10 sayur bening simple dan lezat
  • Memilih warteg yang bersih
  • Review Bakso Mang Jaja
  • Review Restoran Sunda di Jalan xx
  • Cara bikin sayuran awet di kulkas
  • dll


Itu hanya sebagian saja moms bisa cari ide makanan sehari-hari ini untuk naik jadi postingan. Jadi lapar ya, hehehehe. Yang penting rajin nulis ya moms, sederhana tapi rutin kan menyenangkan nantinya. 
Bikin martabak mini sendiri


3. Cerita keseharian


Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi itu banyak aktivitas yang dikerjakan. Jadi jangan bilang seharian nggak ngapa-ngapain. Please deh Moms, apalagi kalau moms banyak kerjaan domestik misalnya, bikin postingan saja seperti :

  • Cara merapikan tempat tidur kilat
  • Mengepel lantai dengan cepat
  • Melipat baju dengan singkat
  • Agar dirumah bahagia
  • dll. 
Buat yang single atau memang di rumah santai ada PRT bisa juga bagi tips menghabiskan waktu di rumah yang produktif. Menulis itu ibarat membagikan cerita jadi sharelah pengalaman moms kepada dunia.



4. Bisnis atau pekerjaan yang digeluti 


Moms zaman now ini pastinya di rumah pun punya usaha atau bisnis yang dijalankan. Bukan hanya di kantor saja. Maka bisnis yang moms jalankan bisa dituliskan misalnya :
  • Sukses bisnis kecantikan dari rumah
  • Warung rasa Mall
  • Sukses berbagi waktu jadi irt dan pebisnis
  • tips managemen waktu
  • Jatuh bangun memulai bisnis
  • Cara sukses menjalani usaha dari rumah
  • dll
Banyak sekali lho moms kalau kegiatan usaha ini mom tuliskan. Tidak punya usaha? Moms bisa berbagi tips juga memilih toko online terpercaya, belanja hemat, jadi pelanggan yang pintar, trik agar belanja nggak kalap, dll. Paling penting adalah menuliskannya. 

5. Kisah romantis dengan pasangan


Moms, bingung mau nulis apalagi, bisa nih tips-tips awet dalam rumah tangganya dibagikan. Seperti cara bikin kejutan untuk suami tersayang, komunikasi ketika LDRan, menyikapi perbedaan dengan suami, membicarakan masa depan, atau hal lainnya yang bisa dishare kebaikannya dalam postingan moms. 

6. Catatan harian anak


Moms yang tiap hari merawat baby bisa share pengalaman melahirkan babynya, pengalaman merawat bayi baru lahir, jadwal imunisasi anak, pengalaman merawat anak sakit, membawa wisata anak-anak, menemani anak ke sekolah, dll. A-Z semua tentang pengalaman moms bisa moms bagikan ke moms lainnya. 


7. Sebuah harapan, cita-cita atau target moms


Jadi moms bukan berarti tidak memiliki cita-cita lagi, harapan di masa depan, atau juga target. Jika saat ini masih sibuk dengan merawat anak, bisa buat target ditahun berikutnya seperti ingin kuliah lagi, kursus, buka usaha, dll. Semua harapan moms yang ingin moms dapatkan di tahun tertentu baik itu menulis buku nonfiksi, novel atau hobi yang moms sukai.

8. Melawan Kejenuhan


Rutinita sehari-hari kadang membuat jenuh itu mampir. Maka dari itu moms bisa berbagi pengalaman yang tak menyenangkan, jenuh dan memberikan hikmah cerita bagaimana akhirnya bisa move on dan lebih produktivitas lagi. Jadi tak melulu berbagi tentang kesempurnaan, hal yang bikin bete pun bisa jadi sharing yang menenangkan.

9. Nulis potingan duet dengan teman solid


Moms punya teman solid yang nempel banget dan akrab sejak masa single. Mau berbagi pengalaman jadi mama muda yang eksis atau menceritakan masa gadis dengan berprestasi, atau cara parenting yang berbeda tetapi tetap asyik, tulisan duet ini bisa jadi magnet dalam postingan blog moms agar lebih produktif. 

10. Nulis berita kekinian dan viral


Jika moms mau kekinian ikut berita terupdate tentang gaya pengasuhan selebriti, kisah rumah tangga yang sedang viral atau berita-berita yang viral lainnya agar blog moms ikutan viral #ups. Silakan! Mungkin tema ini cocok sebagai pancingan moms lebih produktif menulis. Semoga tetap dalam tulisan yang terbaik ya. 

11. Menulis kenangan atau masa lalu


Moms,setiap perjalanan kehidupan pasti ada namanya masa lalu, sekalipun kini sedang menata masa depan. Masa lalu akan jadi pembelajaran dan juga jejak sejarah dalam kehidupan yang tidak bisa dihapus. Kalau moms berkenan menceritakan masa sekolah,masa remaja, dan masa-masa indah lainnya di blog siapa tahu jadi ajang reunian teman-teman ketika sedang mencari keyword tertentu dan akhirnya mampir diblog moms.


12. Menulis buku yang dibaca


Seharian penuh di rumah, selama seminggu buatkan jadwal juga membaca buku. Jika tidak punya buku-buku bisa lho baca ebook via perpustakaan online. Pokoknya baca-bacaan ringan dan bikin tambah wawasan.Untuk melawan lupa, tuliskan review buku yang moms baca di blog.



13. Review  Film 


Nonton film nggak melulu harus ke bioskop sekarang ini,bisa beli dvd,bisa juga dengan berlangganan tv kabel atau juga berlangganan di aplikasi yang menediakan film-film yang dapat dinikmati. Setelah menonton film,momsjuga bisa menuliskan reviewnya. 

14. Ikut lomba menulis atau lomba blog


Moms, terkadang melawan malas itu butuh tantangan sekali. Dengan mengikuti lomba atau sejenisnya akan menjadi daya tarik sendiri melawan kemalasan dan totalitas membuat postingan yang terbaik. Apalagi jika pernah menang, pasti bikin kecanduan jadi kuis dan lomba blog hunter.


15. Menulis calon buku atau kisah lainnya


Menulis diary pasti semua suka, lalu moms ingin berbeda dengan menuliskannya via blog namun ingin juga kelak di print dan dibukukan. Bisa? Bisa bangetlah. Coba saja mengisi waktu dengan membuat perjalanan menulis buku di blog.


16. Menulis reportase


Moms ikut kegiatan acara sekolah anak? Acara kantor suami seperti gathering, kegiatan PKK. Boleh dicoba membuat reportase ala-ala moms gitu. Ceritakan kegiatan serunya. Siapa tahu jadi banyak yang ingin belajar juga bikin blog kayak moms, tuh kan jadi tambah teman ngeblog nantinya.


17. Posting ilmu parenting


Ikut seminar parenting sering? Koleksi buku parenting juga banyak. Saatnya belajar sharing antara ilmu yang didapatkan dan juga pengalaman mengasuh anak. Biasanya kan teori tak semudah praktek. Semoga tulisan moms jadi inspirasi moms lainnya.



18. Tantangan one day one post


Bisa karena terbiasa, setujukan? Coba deh tantang diri sendiri ngeposting one day one post selama sebulan. Lalu berikan reward kepada diri jika mampu melaksanakannya.


19. Bebaskan posting sesuka hati


Terlalu pusing memikirkan hal-hal tentang blogging yang bikin mood nulis hilang, coba saatnya nulis bebas dan tidak perlu terpaku. Yang terpenting sering update dan juga belajar menulis secara konsisten. Siapa tahu jadi semakin produktif.


20. Dari lirik lagu jadi postingan atau quote keren

Pernah baca blog isinya pertama selalu menyisipkan quote-quote keren. Lalu mengalir tulisan indah dibawahnya. Segar sekali deh seperti menemukan telaga aksara di padang sahara. Nah, cara ini bisa ditiru juga moms, agar semakin rajin menulisnya.


21. Menulis agenda mingguan,bulanan, atau tahunan


Suka bingung kira-kira hari ini mau ngapain aja ya? Tanpa target hidup akan terasa hampa. Pun kira-kira satu minggu berlalu dan begitu-begitu aja. Apalagi sebulan cuma mengeluh saja. Coba bikin perubahan dengan membuat agenda dan publish saja di blog. Bikin kreativ pastinya.

22. Buat postingan bersambung

Segala sesuatu yang bersambung itu terkadang bikin penasaran dan ketagihan. Nah, coba deh bikin postingan part 1, part 2, part 3 dan seterusnya. Jadi variatif kan postingannya nanti.


23. Menulis blog melawan arus

Ikuti trend sudah, konten viral sudah. Cobalah bikin tulisan yang melawan arus kekinian. Misalnya membuka tema-tema lawas yang sudah nggak pernah dibahas lagi dan bisa juga sudah nggak update lagi.


24. Teknologi dan gadget


Ini sih bagi pecinta gadget dan mengikuti indfo tekno yang terkini akan membuat postingannya lezat diburu. Yuhu dong diburu, karena banyak yang cari, bisa tentang review handphone, laptop, netbook, tab, serta berita kekinian tentang teknologi.


25. Review Aplikasi


Punya handphone kan moms? Cobalah review aplikasi yang digunakan. Siapa tahu membantu para moms lainnya. Cek sekarang juga ada berapa aplikasi di handphonenya, dan mulai review satu persatu aplikasi yang dipakai.


26. Cara mudah menggunakan sosmed


Sosial media dengan seseorang itu sudah kayak KTP ya, ditanya terus, "sosmednya apa?" Kepikiran moms buat review sosial media baik facebook, twitter, instagram, tsu, path, termasuk blog juga. Jangan salah juga banyak lho moms, pengguna sosmed yang sukses jadi pebisnis di sosmednya, selebgram, dan seleb twit, pokoknya banyak yang berhasil bukan hanya main sosial media.


27. Menulis keuangan


Banyak yang bilang perempuan itu haru jago ngatur keuangan. Apalagi seorang moms harus banget jago ngatur keuangan agar tidak kacau balau. Pendapatan sedikit atau banyak tanpa bisa ngaturnya ya bisa saja bangkrut diakhir bulan. Jangan sampai deh, moms punya tips keuangan sendiri dan sederhana yuk bagikan.


28. Kisah-kisah inspiratif


Kisah inspiratif itu bisa berasal dari orang terdekat kita sendiri, bisa saudara, teman, atau bahkan kita sendiri. Uhuk, coba tuliskan saja moms. Yang pentingkan berani menuliskan inpirasi tokoh, kenapa menginspirasi dan sebagainya.


29. Bikin tutorial sederhana


Tutorial sederhana ini bisa cara menjahit celana yang sobek, baju yang sobek atau bikin sarung bantal mini. Kalau bisa memasak bikin tutorial resep masak mudah, make up sederhana, tutorial melukis atau juga bisa mengajarkan bahasa asing yang dikuasai mau dalam bentuk tutorial tulisan per step atau dilengkapi dengan video dalam blog. Yang terpenting bisa mengasah kemampuan dan kontennya pun positif.

30. Bikin kuis di blog atau giveaway

Cara ini bisa dilakukan, bikin kuis mini atau giveaway kecil-kecilan. Hadiah nggak selalu besar, bisa bagi-bagi buku atau juga prakarya sendiri. Pertanyaan pun bisa dibuat santai seperti apa yang diingat dari blog ini, siapa yang sudah follow akun moms, dan lainnya. Selamat mencoba semua cara di atas ya, semoga juga ada cocok dan memang menarik. 


101 Ide Blogpost Yang Menarik ini bisa membuat pembaca semakin menulis di blognya masing-masing. Jika ingin menambahkan ide menarik lainnya silakan tulis dikomentar ya.

Baca juga : Ubah Tulisan Jadi Transferan

Salam Inspirasi 
24 comments

Boleh juga untuk yang bingung mau nulis apa diblog. Ada referensinya di sini lengkap.

Reply

Keren... referensi menulisnya lengkap.
Terima kasih mb sudah berbagi.

Reply

Silakan praktekkan yang sesuai dengan niche blognya :)

Reply

Terima kasih, sama-sama semoga bermanfaat dan jadi tambah semangat menulis :)

Reply

Silakan digunakan untuk praktek menulis, mungkin ada yang sesuai dengan niche blognya.

Reply

Lengkapnyaaa, tapi kalau nulis tetap aja suka bingung.

Reply

Udah banyak sebenarnya ide buat blogpost, draft pun sudah belasan. Namun sayang masih bergelut dengan melawan rasa malas.

Reply

Point yang nomor 6 belum bisa aku lakukan mbak, padahal pengen banget bisa cerita keseharian anak. semoga disegerakan juga. hihi

Reply

Kalo aku tetap pingin nulis catatan perjalanan sama kegiatan sehari-hari.. hehe
Hmm.. ide yang lain boleh juga nih dicoba kayaknya bulan depan ^^

Reply

wah pas banget nih buat aku yang sering g ada ide buat ngisiblog.. jadi sadar kalau poin-poin di atas dah pernah ngelakuin tapi belum nulis...hehhe... mksh idenya mbak Erna...

Reply

Banyak banget.. inspirasinya, jadi banyak bahan nulis nih :D Thank You Mbak ^_^

Reply

Mantap idenya, jadi terinspirasi buat nulis. Thanks mba

Reply

Iya, salah satu supaya ngga bingung yaitu baca referensi

Reply

Ayo semangat Mbaku, hihihi iya malas adalah penyakitnya penulis kedua setelah sibuk :)

Reply

Iya Mba,semoga banyak inspirasi yang dituliskan untuk rekam jejak juga :)

Reply

Siip, sukses selalu buat jadwal bulan depannya :)

Reply

Sama-sama Mba,semoga semakin semangat menulis :)

Reply

Sama-sama semoga semakin saemangat menulis diblog :)

Reply

Sama-sama semoga rajin-rajin posting di blog ya :)

Reply

Banyak banget ya ternyata yang bisa dibahas... ada yang bilang lebih bagus untuk fokus ke satu ninche saja... jadi susah kalau milih dari sekian banyak...

Reply

Hihihi iya ini ide untuk referensi menulis di blog. Siapa tahu banyak yang cari agar postiga blognya lancar.

Reply

Paket lengkap sekali, boleh dicoba semuanya.

Reply

Powered by Blogger.