Menu
/

www.momsinstitute.com - Ingin Melahirkan Normal, Perhatikan Hal – Hal Berikut. Setelah melalui berbagai tahapan fase kehamilan dan menghadapi segala macam bentuk perubahan baik pada kondisi tubuh secara fisik maupun secara hormonal, seorang ibu hamil akhirnya akan berhadapan dengan proses persalinan di mana kelahiran si jabang bayi yang dinantikan kini hanya menunggu untuk diperjuangkan. Tidak sedikit ibu hamil yang merasa ketakutan ataupun khawatir begitu masa persalinan akan datang.  Di sini peran suami dan juga anggota keluarga yang lain harus selalu menguatkan ibu hamil, terutama bagi mereka yang baru pertama kali akan melahirkan normal,  agar bisa menjalani persalinan dengan lancar.

Persiapan Menuju Persalinan


Menuju masa persalinan, banyak hal yang harus dipersiapkan oleh seorang ibu hamil bahkan juga oleh sang ayah. Selain kesiapan seorang ibu hamil secara fisik dan mental, faktor eksternal lain juga harus mulai diperhatikan ketika usia kandungan mulai memasuki 7 bulan sampai dengan 9 bulan. Di fase ini, kebutuhan bayi seperti perlengkapan bayi juga harus menjadi perhatian dan mulai dipersiapkan supaya nantinya tidak kerepotan untuk mencari – cari. Dengan kata lain, mencicil untuk memenuhi kebutuhan bayi sangat wajib dilakukan. Lakukan dengan sedikit demi sedikit. Mengapa? Karena kebutuhan biaya untuk persalinan juga tidak sedikit sehingga calon orang tua juga harus bisa cermat untuk memulai memenuhi kebutuhan bayi dari mana. 

Pilih Operasi atau Melahirkan secara Normal? 


Banyak yang galau untuk memilih antara melahirkan normal di bidan atau operasi. Pilihan terbaik tentu saja adalah memilih untuk melahirkan normal di rumah. Proses persalinan normal ini lebih banyak menjadi pilihan karena ditinjau dari berbagai faktor yang memang lebih menguntungkan. Persalinan normal memang terasa sakit, namun di sinilah perjuangan seorang ibu betul – betul bisa dirasakan. Dibandingkan dengan operasi, persalinan normal memakan waktu pemulihan yang lebih cepat. Bisa dibilang sakitnya hanya ketika sedang proses melahirkan saja, sedangkan operasi caesar terasa sakit setelah melahirkan karena adanya bekas luka jahitan. Selain itu, persalinan normal juga memiliki resiko komplikasi yang sangat kecil, serta tidak dibatasi bisa melahirkan berapa kali, berbeda dengan dengan operasi caesar yang hanya boleh dilakukan tiga kali.


Kebiasaan yang harus dilakukan agar bisa melahirkan normal


Untuk bisa melahirkan normal anak pertama, seorang ibu hamil harus memiliki persiapan yang matang. Salah satunya ialah dengan memperhatikan faktor pola hidup dan juga makanan. Selain harus mulai membiasakan hidup sehat dan tidak boleh stres serta mudah capek, makanan bernutrisi juga harus dipilih. Sebut saja misalnya ikan salmon, cereals, buah – buahan, sayuran, yogurt, dan makanan sehat lainnya. Untuk jenis buahnya, calon ibu bisa mengkonsumsi buah kurma karena buah asli Timur Tengah ini terbukti secara ilmiah dapat memperlancar proses persalinan normal. 


Faktor yang bisa Menjadi Penghalang Persalinan Normal


Untuk bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit, dibutuhkan kondisi tubuh yang sehat sempurna baik dari pihak ibu maupun bayi dalam kandungan. Jika salah satunya tidak terpenuhi, maka impian untuk melahirkan normal pun bisa sirna. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penghalang persalinan normal di antaranya ialah pinggul yang sempit atau adanya kondisi abnormal pada kesehatan ibu maupun rahimnya. Selain itu, jika bayi dalam kandungan yang terlalu besar, atau terjadi gangguan hipoksia atau  hidrosefalus, dan posisi bayi yang kurang tepat, maka persalinan normal juga tidak bisa dilakukan. 

Wah, ternyata untuk bisa melahirkan normal harus memiliki banyak kesiapan baik secara fisik maupun mental. Itulah mengapa penting sekali bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dirinya dan juga janin dalam kandungan. 

5 comments

Oprasi atau normal yang penting ibu dan anak sama-sama sehat hehe

Reply

Perjuangan seorang ibu ketika melahirkan anaknya ke dunia. the power of mom.

Reply

Iya bumil AE, amiin. Semoga kelahiran anak ketiganya lancar ibu dan bayi sehat selamat :)

Reply

Setuju, kekuatan ibu dengan segenap jiwa raganya,semoga pahala selalu mengalir untukpara ibu.

Reply

semoga para ibu selalu bahagia ya, perjuangan yang luar biasa sekali

Reply

Powered by Blogger.