Menu
/


www.momsinstitute.com - Pagi Moms, sudah lama tidak memberikan tips-tips untuk para Moms. Sekarang ini mau berbagi ilmu menulis agar dapat menulis dengan cepat. Siapa yang mau? Biasanya kan nulis itu kalau lagi ada pas lagi sibuk, pas lagi nggak bisa nyatat, ketika di depan laptop mau nulis malah bengong. Lupa mau ngetik apa, mau bahas apa? 



Kalau ada yang mengalami kendala dalam menulis dan ingin merasakan sensasi mengetik secara cepat, yuk gunakan tips di bawah ini. Lakukanlah setiap kali Moms, ingin menulis atau mengetik secara cepat :

1. Tentukan Judul Tulisan


Agar bisa menuliskan tahapan selanjutnya, judul ini penting sekali. Setelah bikin judul kita bila lanjutkan menuliskan naskah selanjutnya. Cara membuat judulpun jangan langsung sempurna, terima saja ide pertama yang mampir. Tak perlu pikir alternatif-alternatif lainnya. Karena judul itu bisa diubah juga setela tulisan jadi. Yang penting di awal kita sudah ada gambaran tentang judul dari tulisan kita ini ya Moms.



2. Menulislah terus, menulis apa yang Moms pikirkan 

Jangan anggap sepele kalau lagi ngetik atau nulis ada bisikan-bisikan gaib, ini jelek, ini kok kurang tepat, lalu tekan tombol backspace kebanyakan, kemudian delete-delete kata-kata yang sudah diketik, jadinya naskah atau tulisan Moms tidak jadi-jadi lho. Serius, hal inilah yang menjadikan penulis rangkap jadi editor. Akhirnya naskah atau tulisan nggak kelar-kelar. 

Cara menulis cepat yang bisa Moms lakukan yaitu jangan jadi editor, kemudian pejamkan mata lalu napas yang dalam, baca doa, langkah selanjutnya adalah mengetik tanpa ragu, tuangkan semua ide pikiran Moms jadi sebuah tulisan. Hasilnya, coba lihat satu halaman, dua halaman, tiga atau sepuluh halaman tulisan Moms sudah jadi. :)

3. Banyak Baca Buku

Seperti status Kang Tendi Murti di facebooknya yang menyatakan bahwa Indonesia darurat baca atau titik nol baca. Krisis membaca ini bukan hanya melanda masyarakat umum tapi juga pecinta literasi, member komunitas-komunitas menulis, semakin redup minat baca dan juga banyak karya berupa buku terbit tetapi minat beli dan membaca buku semakin menurun. Padahal untuk bisa menulis cepat seharusnya banyak membaca buku. Buku apa saja yang Anda baca akan mempengaruhi ide-ide dalam pikiran Moms. 


Semoga tips menulis cepat ini bisa membantu Moms menulis lebih produktif lagi. Semangat menulis untuk literasi dan peradaban yang lebih baik. Kalau Moms ada tips lainnya dan ingin berbagi, silakan komen di kolom komentar ya, terima kasih untuk sharingnya. 




Salam Inspirasi
3 comments

Asyik jika bisa menulis cepat apasaja bisa jadi tulisan.

Reply

Benar yang penting berbagi informasi

Reply

Cara menulis cepat adalah sering banyak latihan ya

Reply

Powered by Blogger.