Menu
/

www.momsinstitute.com – Permainan Masa Kecil Yang Tak Terlupakan Dan Tanpa Biaya Beli Mainan. Moms, dahulu ketika masih kecil apa saja sih mainan yang menjadi favorit? Pastinya sangat berkesan hingga sekarang. Dengan mengenang masa anak-anak dahulu, ternyata ketika membersamai buah hati pun jadi mengerti ternyata dunia anak ini penuh imajinasi tanpa henti. Berikut ini permainan yang sering dilakukan di dalam rumah : 


1. Main tenda-tenda an. 

Salah satu permainan yang asyik sekali dilakukan adalah main tenda-tendaan. Baik di dalam kamar, ruang keluarga, ruang tamu atau di samping dekat jemuran. Alat-alatnya pun sederha cukup menumpuk bantal dan menutupnya dengan sprei. Atau kalau lagi beruntung di rumah ada jemuran kecil bisa di sulap jadi tenda-tendaan. Selain nama tenda-tendaan ternyata ada juga yang menyebutnya dengan nama gubug-gubugan. Kalau moms biasanya menyebutnya apa?




2. Main masak-masakan 

Main masak-masakan ini memang nggak harus di luar rumah. Di dalam rumah pun bisa, apalagi orangtua memang tak mengizinkan main di luar rumah. Jadi bisa saja ibu sedang memasak di dapur, ada anak-anak yang ikut main masak-masakan juga di area dapur  atau meja makan. Untuk peralatan bisa membeli set mainan masak-masakan. Bisa juga barang seadanya di dapur, baik sisa sayuran yang dipotong-potong, pewarna makanan yang dicampur air, buah yang dikupas dan dipotong sesuka hati. 


3. Damdas

Suka mencari batu kerikil yang kecil-kecil kemudian mencari papan dan menggaris-gariskan menjadi titik laju damdas. Ya, permainan damdas 16 batu adalah permainan sederhana yang dimainkan hanya dua orang  saja dengan menggunakan batu dan sebuah papan. Berikut ini cara dalam permainan damdas 16 batu:
a. Biasanya kedua pemain meletakkan batu sesuai dengan titik yang telah disediakan dan melakukan suit terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang bermain pertama, atau jalan duluan.
b. Kemudian pemain pertama melangkahkan satu batu ke garis depan dan diikuti oleh pemain kedua. Keduanya mengikuti gerakan pemain pertama hingga selesai.
c. Pemain dapat saling memakan batu lawan. Cara ini disebut medan pertempuran. Siapa yang banyak memakan batu lawan,peluang menang semakin dekat. 
d. Meski terdapat garis-garis dalam papan, pemain dapat berjalan ke depan, ke belakang, ke samping kanan, dan ke samping kiri.
e. Seorang pemain dinyatakan sebagai pemenang jika berhasil mencapai gunungan yang berada di wilayah lawan terlebih dahulu atau menduduki area lawan.
f. Pemain dinyatakan kalah jika tidak memiliki batu lagi untuk dijalankan atau sudah terkepung di satu area. 


4. Kain yang dibuat jadi boneka 

Ada yang bilang membuat boneka dari kain gendongan atau sarung ini disebut boneka kain. Ada juga yang bilang permainan membuat boneka kain seperti katak atau adik bayi. Memang berbeda-beda, walaupun tekniknya sama saja, menggulung bagian luar kain ke dalam,melipatnya lalu menguncinya dengan memasukkan ke titik-titik tertentu. Permainan ini sangat bagus untuk anak-anak berkreasi dengan bahan kain atau sarung yang ada di rumah.Nggak perlu biaya menghabiskan uang untuk selalu membeli mainan baru . 

sumber gambar : dunia belajar anak id


5. Main jadi pahlawan dengan kain sarung 

Siapa yang senang mengikat kain di leher berlagak superboy atau wonderwoman. Berlari mengejar musuh yang  biasanya teman bermain juga. Keliling rumah dan menangkapnya jika ditemukan.Serukan menjadi pahlawan dengan kain sarung. Bahkan malingnya pun bisa menutup mukanya dengan sarung. 

Selain itu juga kain sarung yang diikat dikepala, kemudian bagian mata nya terlihat,bisa disebut permainan ninja-ninjaan.  

6. Jembatan Guling dan bantal


Suka membuat bantal dan guling bersambung-sambungan dilantai, seperti jembatan yang akan dilalui. Yup, dengan menyambungkan bantal guling disepanjang kamar atau bisa lebih juga ke area luar kamar kemudian kaki melewati guling dan bantal seperti jembatan. Yang jatuh ke lantai maka kalah. Permainan ini sangat asyik dilakukan untuk kakak adik yang harus bermain di dalam rumah. Mengeksplore apa saja benda di rumah yang bisa berdayakan untuk bermain. 

Satu sampai enam permainan ini bisa sekali lho, tidak mengeluarkan biaya. Karena anak-anak juga sering bosan dengan mainannya sekalipun mahal. Moms and dad bisa sekali lho, pilih permainan anak-anak yang terlupakan dan bebas biaya. Demikianlah artikel permainan masa kecil yang tak terlupakan dan tanpa biaya membeli mainan. 



Postingan ini terinspirasi dari trigger postnya mba SeptiaFora yang membuat review 6 Permainan Kecil Yang Tak Terlupakan. Dalam rangka #KEBloggingCollab untuk kelompok Liliana Natsir.


Salam Inspirasi 

7 comments

Semua permainannya sangat menyenangkan ya Mak, pastinya bikin si anak jadi makin betah dirumah dan bermain memang adalah dunia anak. 6 permainannya bagus-bagus Mak! Anakku pun suka bermain masak-masakan.

Reply

Iya Mom, benar sekali bermain adalah dunianya anak-anak. Memilih permainan untuk anak pun tak harus selalu yang mahal.

Reply

Dulu senang main damdas, nggak harus 16, kadang damdas 3 batu aja seru. Pokoknya mainan anak itu nggak perlu biaya mahal-mahal ternyata jika dipilih lagi banyak yang tanpa biaya dan tetap edukatif.

Reply

Iya, main damdas bisa di kertas, dibuku bisa juga dipapan yang dibuat sendiri. Bikin seru mengisi waktu.

Reply

Permainan masa kecilku dulu, main sendirian juga nggak masalah yang penting happy.

Reply

Wah bisa sendirian gitu ya moms mainnya, yang penting bisa mainkan damdasnya ya.

Reply

Wah..saya suka banget main masak - masakan mak...
Segala macam mainan penggorengan, kompor2an dibeli. Hahaha.

Reply

Powered by Blogger.