Menu
/


www.momsinstitute.com – 4 Persiapan menyambut hari raya Idul Fitri. Pastinya moment hari raya selalu dipersiapkan jauh-jauh hari terutama oleh para mom’s. Mulai dari menu sahur selama sebulan, hunting seragam lebaran yang bikin keluarga kompak, menyiapkan angpau, serta pernak pernik kue lebaran dan makanan khas Idul Fitri.


Menyambut  hari raya Idul Fitri ini memang perlu persiapan matang, apalagi jika keluarga besar akan datang dan ada acara open house, perlu menyiapkan tempat yang nyaman dan menyediakan makanan juga. Karena moment Idul Fitri ini dijadikan sebagai ajang berkumpulnya keluarga baik kerabat dekat maupun jauh.  Mendekatkan ikatan silaturahmi antar saudara, tetangga dan juga warga sekitar pada saat hari lebaran. Memang, silaturahmi itu harus setiap hari dijaga dan saling peduli pada tetangga bahkan saudara bukan hanya ketika hari raya saja. Tetapi, moment lebaran inilah yang semakin special karena umat islam saling memaafkan dan bersuka cita merayakan hari kemenangan setelah sebulan berpuasa dan memperbaiki diri untuk lebih baik lagi di tahun berikutnya. Ya, pesta hari raya ini untuk menumbuhkan kecintaan dalam beribadah, semangat dalam berdakwah, serta menjalin erat ukhuwah antara anggota keluarga, sahabat, tetangga maupun umat lainnya. 


Hari raya selalu memancarkan pesona kebahagiaan. Berikut ini 4 persiapan yang sering dilakukan untuk menyambut hari raya Idul Fitri 

1. Baju Lebaran

Walau tidak semua keluarga mementingkan baju baru harus dipakai di hari lebaran, karena yang terpenting adalah kesucian hati. Semakin menjadi manusia yang lebih baik lagi, ibadah semakin rajin, dengan keluarga semakin perhatian, dengan orang sekitar pun semakin peduli. Jadi baju lebaran ini sebenarnya bukan hal yang wajib, tetapi jika ada dana silakan juga pilih baju lebaran agar keluarga semakin kompak. Jangan lupa pilih baju lebaran yang nyaman dikenakan, tidak mencolok atau bahan tipis menerawang, cari bahan yang adem dan lembut dan pastinya cocok dikenakan pada saat lebaran.

2. Kue dan Masakan Lebaran 

Lebaran itu identik dengan makanan khasnya yaitu ketupat tentu juga dengan sahabatnya alias menu lainnya bisa opor ayam, semur daging, rendang, pecak ikan, dan lainnya. Selain makanan ada juga minumannya  seperti air putih, syrup dan es buah. Aneka kue lebaran yang paling banyak disukai seperti nastar, kue putri salju, kue kacang, kue kering keju, kue kering coklat, dan masih banyak lagi. Membuat lebaran semakin menyenangkan karena banyak kue kesukaan anak-anak. 


3. Tiket Mudik

Tiket mudik ini terkadang sebelum puasa pun sudah banyak dipesan, selain karena ada promo hemat juga jauh-jauh hari sudah membuat itenerari mudik mau singgah di rumah keluarga mana saja, rumah teman yang berbeda kota atau pulau. Tiket mudik ini dipesan lebih cepat agar ketika hari raya tiba sudah berada di kampung halaman tercinta, nggak ada lagi drama kehabisan tiket atau batal pulang kampung. Jadi memang perlu perencanaan matang untuk mendapatkan tiket mudik impian. Setuju?


Baca juga : 3 spot asyik yang wajib dikunjungi 


4. Menyiapkan ruangan rumah yang nyaman untuk berkumpul dimomen lebaran

Nggak mudik bukan berarti nggak jadi lebaran. Terkadang ada jadwal pertemuan keluarga berada di rumah satu anggota keluarga dan anggota keluarga lainnya. Sebagai tuan rumah perlu juga menyiapkan rumah yang nyaman untuk momen berkumpulnya anggota keluarga lain, kerabat yang bertamu atau juga tetangga sekitar. Apa saja sih yang harus diperhatikan untuk membuat rumah menjadi ruangan kumpul keluarga yang nyaman. Diantaranya yaitu membuat ruangan menjadi lebih tertata. Biasanya mainan anak-anak berserakan, kini saatnya rapikan dalam box. Apalagi baju anak-anak yang menggantung, sebaiknya buatkan box baju agar semakin terlihat rapi.



Ruang tamu kembali ditata apa saja barang-barang yang harus ada atau barang yang bisa dikeluarkan. Jika rumah dengan banguan yang besar mungkin tidak perlu banyak mengatur tata letak barang, tetapi bagi rumah yang minimalis setiap sudut sangat diperhitungkan. Untuk keluarga yang akan menginap, siapkan kamar tamu beserta lemari pakaian untuk mereka meletakkan barang-barang berharga dan juga pakaian anggota keluarga.


Nah, berikut di atas merupakan 4 persiapan menyambut hari raya Idul Fitri. Kalau boleh tahu apa sih persiapan lebaran ala Moms, sharing yuk.



Salam Inspirasi
7 comments

Baju baju memang jadi yang banyak diburu, kue dan makanan lainnya menyesuaikan dana :)

Reply

Kue, kalau teteh selalu yang pertama bikin kue kering kayak nastar, putri salju, kue kacang, kue kering. Stock ramadhan dan lebaran juga.

Reply

Iya ya ada juga yang baju dulu yang diburu, lalu yang lainnya menyusul. Yang penting lebaran happy ya

Reply

Iya teh, bikinin kue yang banyak. Mau nastar dan kue kacang juga. :) Enak-enak.

Reply

Lebaran ajang silaturahmi bersama keluarga dan juga tetangga

Reply

Setuju, semoga lebaran menjadi momen berkumpul yang menyenangkan.

Reply

Baju jadi momok utama ya, harus gaya sekalipun modif dari baju lama.

Reply

Powered by Blogger.