Menu
/

www.momsinstitute.com - Bisnis Dan Sosial Media. Menurut hasil survey one, konsumen menyukai mobile application yaitu whatsapp 52%, BBM 30,7% dan Line 8,1% karena dianggap paling mudah dalam penggunaannya, paling menarik tampilannya dan paling lengkap fiturnya. Hal ini untuk mempelajari persepsi konsumen terhadap mobile application yang menbantu mereka mendapatkan kebutuhannya dengan cepat. Sedangkan  mobile application untuk media sosial paling tinggi digunakan yaitu facebook sebanyak 76%, Instagra,m 10%, Twitter 5%, path 3,25 dan youtube 2,3%. 


Jika Anda mau memulai hobi yang menjadi bisnis, sosial media dapat digunakan untuk pasar target market Anda. Ada beberapa cara selain cara alamiah mendapatkan target market. Saat ini semua sosial media telah menyediakan pilihan fitur bisnis untuk memudahkan Anda dalam mengiklankan produk. Fb Ads salah satu cara untuk mengiklankan produk secara tertarget, instagram sponsored pun menjadi pilihan sebagai alat bantu mempromosikan iklan Anda, pun dengan twitter business. 

Hal penting setelah Anda kirimkan iklan Anda untuk mengenalkan produk Anda maka selanjutnya adalah memberikan pelayanan dengan fast respon, kenyamanan dan juga professional. Sekalipun Anda masih menjadi adminnya sendiri tanpa bantuan pegawai, usahakan buat alur penjualan dan pengiriman dengan rapi. 

Promo iklan di sosial media ini banyak aneka pilihan harga dari belasan ribu hingga jutaan. Tergantung budget Anda. Untuk meminimkan budget Anda tak perlu memusingkan promo di FB Ads dan sejenisnya. Cukup posting dengan copywriting yang apik akan mampu menarik perhatian pembeli.



Seperti ketika memposting kerudung, bisa saja foto yang Anda gunakan adalah produk Anda yaitu kerudung persegi empat dengan model, nama produk dan merk yang Anda gunakan. Namun isi postingannya dapat berupa tips atau edukasi mengenai bahan kerudung yang adem dan tidak mudah kusut. 

Bisa juga quote-quote menarik yang pastinya akan dishare banyak orang, sehingga brand awareness Anda pada calon customer terbangun dari beberapa postingan di facebook. Berbeda dengan facebook, di instagram lebih menyukai tips singkat yang bermanfaat bagi followernya. Ada juga video dari ahli yang akan menjawab setiap pertanyaan followers tentu memiliki edukasi pada yang lainnya. Untuk selalu kembali pada brand tersebut terkadang dengan sering mengadakan kuis yang memberikan hadiah yang menarik. 

Bagi yang ingin berjualan via facebook misalnya, untuk meluncurkan produk baru bisa diposting di Fanspage. Sedangkan untuk angagement dengan konsumen bisa dengan membuat group FB. Hal ini cukup menarik karena selain saling memberikan info dari produsen ke konsumen juga membuang peluang usaha bagi para pelanggan yang ingin ikut memasarkan. 

Berjualan dengan BBM cukup efektif, Anda dapat membuat group yang digunakan untuk posting produk, para member akan melihat dan like, kalau suka langsung like produk yang ada di group. BBM ditinggalkan salah satunya banyak yang mengirim broadcast terlalu sering, apalagi bagi online shop baru. Membuatnya tidak nyaman. Selanjutnya whatsapp masih menduduki peringkat pertama untuk chating, fiurnya yang mudah dan dirasa cukup efektif untuk sebuah group. 

Perkembangan bisnis juga bukan hanya pada pada aplikasi chating namun ada beberapa aplikasi penjualan. Baik e commerce maupun toko online semua memiliki daya pikat. Mulai dari diskon besar, promo istimewa, cashback, hingga free ongkir. 


Kalau Anda tidak menguasai media sosial tenang saja, cukup fokuskan pada bisnis Anda. Kemudian untuk pemasaran dan pengenalan bisnis Anda dapat dilakukan oleh tim ahli yang memang terbiasa dalam pekerjaan marketing. Bangun tim untuk menguatkan bisnis itu perlu. Karena bisnis itu tidak kita yang bekerja sendirian. Anda fokuskan tentang kekuatan bisnis Anda dan nilai unik yang akan menarik pelanggan setia. 

Salam Inspirasi 

3 comments

bener banget untuk bisa eksis bisnisnya kudu eksis juga sosial medianya. :)

Reply

Benar sekali, eksis untuk sebuah perkenalan juga dengan paara buyer :)

Reply

Untuk bisnis sangat membantu mengoptimalkannya.

Reply

Powered by Blogger.