Menu
/

www.momsInstitute.com -  Manajemen Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah Perspektif Al Quran dan Hadist karya Prihatini Wahyuningsih  bisa menjadi buku referensi untuk keluarga Indonesia saat ini. Sebagai pendidik untuk generasi rabbani. Indonesia kini tengah terjajah, bukan secara fisik oleh bangsa lain, melainkan imperialisme gaya baru, yaitu kehidupan hedonisme dan melupakan nilai-nilai luhur budaya bangsa, korupsi terjadi di segala bidang, kolusi,nepotisme, kronisme, sektarianisme, dan kekerasan horizontal. Karakter seseorang tidak dapat terlepas dari gaya hidup dan akan senantiasa menjadi bagian yang tidak terpisahkan.
Hal ini juga memengaruhi dalam proses pembentukan diri serta kepribadian yang tercermin dalam keseharian.

Firman Allah SWT dalam QS. Hud ayat
15 dan 16:
“(15)Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.(16) Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah diakhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.”

Dalam ajaran Islam, standar normatif suatu perbuatan bersumber pada Alquran dan Hadits. Apa pun yang diperintahkan Allah dalam Alquran, begitu pula perintah Rasulullah dalam Hadits, pasti bernilai baik untuk dilakukan atau sebaliknya. Alquran menjadi penyeru kepada pendidikan akhlak yang baik, mengajak kepada pendidikan akhlak di kalangan kaum muslimin, menumbuhkannya dalam jiwa mereka dan yang menilai keimanan seseorang dengan kemuliaan akhlaknya. Karena akhlak merupakan bagian dari dua elemen kunci ajaran Islam, yaitu akidah dan syariat, maka akhlak mulia muncul sebagai buah dari proses penerapan syariat berupa ibadah dan muamalah yang dilandasi oleh keyakinan atau akidah yang kuat.Keseharian seorang muslim yang memiliki akidah yang kuat akan mendasari segala perilakunya dengan keimanan. Akhlak menyentuh berbagai aspek kehidupan dan hubungan bersifat vertikal kepada Allah sekaligus horizontal sesama manusia. Maka ruang lingkup akhlak mencakup akhlak dalam kehidupan perorangan, berkeluarga, bermasyarakat, dan bernegara bahkan beragama.Sejak lama, pendidikan akhlakul karimah termasuk pembinaan karakter siswa tidak mendapat perhatian serius dalam praktek pendidikan di Indonesia. Baik itu di tingkat dasar, maupun perguruan tinggi. Kalaupun terdapat jam mata pelajaran agama dan akhlak, itu hanya sekadar pengetahuan bukan untuk diamalkan dengan baik.Perbaikan akhlak merupakan suatu misi yang paling utama yang harus dilakukan oleh guru kepada anak didik. Sedangkan strategi merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan,terlebih terkait erat dengan proses pembinaan akhlakul karimah siswa. Pasalnya, akhlak yang mulia akan mampu mengantarkan seseorang kepada martabat yang tinggi.Dalam pandangan Islam, akhlak mulia disebut pula Akhlak Mahmudah. Di mana perbuatan mulia ini keluar dari kekuatan jiwa tanpa keterpaksaan.


Judul buku : Manajemen Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah Perspektif Al Quran dan Hadist 
Penulis : Prihatini Wahyuningsih
Jumlah halaman : 141 halaman
Penerbit : Mandiri Jaya
ISBN : 978-602-0799-26-1
Tebal : 140 halaman
Tahun: 2019



Sebagai seorang ibu dari 3 anak, saya perlu sekali buku-buku pendidikan untuk belajar menjadi pendidik yang terbaik bagi anak-anak. Buku ini menjadi bacaan rekomendasi untuk keluarga Indonesia, untuk sekolah-sekolah, juga mereka yang menginginkan generasi yang tangguh dan berakhlak yang baik sesuai dengan Al Quran dan Assunnah. Ernawati Lilys
Penulis, Blogger, Mentor Menulis dan Founder Moms Institute



“Buku ini akan menjadi hadiah istimewa bagi orang-orang istimewa di hari istimewanya. Menghadirkan buku ini di sekolah, di rumah dan di manapun anda berada sama dengan menghadirkan seorang sahabat yang memberi penguatan tentang kekuatan dan keterlibatan ALLAH di setiap tarikan nafas dan gerak  langkah ibadah dalam berkiprah.
Terimakasih atas karyanya…yang telah membangun sebuah kesadaran …
HANYA ALLAH, KARENA ALLAH, BERSAMA ALLAH, dan
UNTUK ALLAH… “

Dra. Hj. Euis Bahyuroh
Kepala RA Nurul Maghfiroh Caringin, Bogor/
Pengurus HIMPAUDI Kabupaten Bogor



“Sering saya berdoa di setiap kesempatan agar dipanjangkan usia taat kepada Allah agar …. bisa lebih mensyukuri nikmat yang diberikan-Nya yang begitu banyak… bisa membawa anak dan keturunan menuju cinta-Nya Allah…
hidup barokah dan bermanfaat untuk orang lain…
Buku ini tepat sekali mengarahkan langkah kaki untuk mencapai tujuan di atas sehingga apapun yang kita lakukan harus berlandaskan Al Quran dan Hadits. Insya Allah mencapai ridho-Nya”


Herry Anthony
Motivator Asmaul Husna/
Direktur Circle K



Bagi yang ingin memesan buku Manajemen Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah Perspektif Al Quran dan Hadist bisa langsung ke nomor 0812-1400-7545 atau langsung klik di PenerbitMJB




Salam Inspirasi 

Powered by Blogger.