Tutorial Mudah Menggunakan Desain Grafis Canva


MomsInstitute.com - Tutorial Mudah Menggunakan Desain Grafis Canva. Desain menjadi salah satu tool penting untuk sebuah promosi, baik untuk promo produk, buku atau usaha jasa. Tanpa desain dalam sebuah campaign atau aktivitas yang mengharuskan share public akan menjadi kurang menarik. Keberhasilan dalam sebuah promo adalah copywriting dan desain yang memikat, dengan dua keberhasilan tersebut branding Anda akan naik pun dengan produk Anda. Namun,tak semua orang jago desain dan tak semua pengusaha pemula mampu membayar lebih untuk jasa desain. Maka dari itu, MomsInstitute.com akan mengulis tutorial mudah menggunakan desain grafis Canva.


Ada yang tahu canva itu apa? Canva merupakan sebuah aplikasi/program desain online yang menyajikan beberapa pilihan tools atau alat editing berupa desain grafis seperti desain kartu nama,desain sosial media, header blog, infografis, banner, undangan, colage foto, sosial media cover, ebook cover, font, sticker, image, icon, dan masih banyak lagi.

Canva memang dipersiapkan dengan sangat simple dan mudah digunakan sekalipun untuk pemula yang ingin belajar desain grafis. Pada Canva kita cukup registrasi GRATIS untuk satu akun, dan bebas mendesain sebanyak-banyaknya, untuk image ada yang tersedia secara gratis dan ada yang berbayar. Canva memang aplikasi desain grafis online yang sangat banyak digunakan untuk keperluan berbagai desain yang ingin Anda buat.

Untuk memulainya cukup dengan ketik canva.com, maka akan terhubung pada websitenya. Yuk kita mulai tutorial mudah menggunakan desain grafis Canva yaitu :

  1. Login/Register


    Jika belum punya akun maka register dahulu, bisa menggunakan akun facebook atau akun google plus, pilih yang mudah saja. Kemudian pilih salah satu akun Anda, klik persetujuan, biasanya langsung masuk ke dashboar, ada juga pertanyaan tentang profesi pendaftar, misal blogger, student, businessman, klik saja salah satu status atau profesi Anda. Setelah data terbaca, maka Canva sudah siap digunakan untuk desain pertama Anda.


  2. Pilih Desain

    Sekarang kita memasuki pilihan desain grafis canva, banyak sekali tools yang bisa di klik sesuai dengan keperluan desain Anda. Seperti untuk keperluan presentasi, social media, judul blog, blog grafik, infografis, instagram post, ebook, twitter post, social grafik, dan masih banyak lagi, klik 'more' untuk melihat detail pilihan tools yang tersedia.


    Setelah itu klik salah satu pilihan tools desain grafis Canva yang Anda butuhkan.Seperti ingin membuat judul blog, klik blog title maka akan muncul tab baru untuk memulai editing.






  3. Editing


    Pada tab baru ini kita akan memulai tahap editing dengan banyak pilihan :
    • Search : untuk keyword atau sesuatu yang kita cari. Misal kita ketik "rose" maka akan muncul aneka gambar rose/mawar. 
    • Lay out : berupa tampilan yang ingin kita pilih, grid, natural atau colage.
    • Element : berupa icon, line, sticker yang dapat kita pilih. 
    • Text : dapat memilih jenis font,ukuran dan warnanya. 
    • Background : warna-warni pilihan untuk latar atau juga berupa gambar.
    • Upload : jika kita ingin mengupload foto sendiri dari file komputer/laptop. Foto pribadi kita ini bisa kita edit di Canva.com


  4. Download dan Save

 Sudah seesai editing, maka selanjutnya adalah mau save atau simpan, atau juga mau share ke sosial media langsung. Untuk save ada tiga type yaitu jpg, png, pdf. Silahkan pilih yang sesuai.




Inilah hasil tampilan desain grafis Canva yang begitu mudah dan keren untuk di publish di blog dan di share ke sosial media, menambah percaya diri kan, dengan desain praktis Canva.com





Nah, cukup mudahkan menggunakan desain grafis canva. Ada yang sudah mencobanya? Semoga berhasil. Selamat  berkreasi.

Postingan ini terinspirasi dari trigger postnya mba SeptiaFora yang membuat review aplikasi edit foto. Dalam rangka #KEBloggingCollab untuk kelompok Liliana Natsir.

Salam Inspirasi

5 komentar:

  1. Baru tahu ada canva.Pas dicoba ternyata cukup mudah juga ya, makasi buat tutorialnya.

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah membaca dan atas kunjungannya.

    BalasHapus
  3. Harus pakai laptop ya, kalau mau pakai canva

    BalasHapus
  4. Saya juga sering pakai canva mbak, terutama untuk bikin infografis, user friendly dan template nya ciamik

    BalasHapus
  5. Ilmu baru, patut dicoba. Terima kasih, Mbak

    BalasHapus