Jumpa Penulis

  

Momsinstitute.com - Jumpa Penulis sebuah seminar kepenulisan yang dipersembahkan oleh KMO Indonesia. Dalam Acara Jumpa Penulis pada 15 Oktober 2017 ini menghadirkan 7 penulis ternama, diantaranya Tere Liye, Ippho Santosa, Ahmad Rif'ai Rifan, Asma Nadia, Helvy Tiana Rosa, Dewa Eka Prayoga dan Tendi Murti. Bertempat di Taman Ismail Marzuki, acara di mulai pukul 8 pagi hingga jam 5 sore. Acara Jumpa Penulis ini juga dihadiri lebih dari 1000 pengunjung.

Jumpa Penulis untuk sarana berbagi ilmu para tokoh penulis Nasional kepada peserta seminar yang hadir. Hingga dapat melahirkan pejuang pena dalam dakwah. 

Alhamdulillah membersamai acara ini, saya diberikan tugas sebagai panitia sebagai narahubung dengan media partner acara Jumpa Penulis, sekaligus menjadi tim media untuk acara Jumpa Penulis. Dari 7 Penulis di Jumpa Penulis semua membagikan rahasia suksesnya, sehingga membangunkan semangat dalam berkarya kepada seluruh peserta. Yuk kita bahas satu persatu. 

Tere Liye 


Saya datang memang tepat sekali ketika Bang Tere menyampaikan materinya. Sibuk dan masih berkutat dengan telpon yang selalu berdering karena ada beberapa hal yang harus segera saya jawab kepada tamu undangan.

Menurut Bang Tere Liye, "Menulis itu ditumbuhkan." Maka menulislah terus, jangan padamkan semangat dalam berkarya. Rawat api kepenulisan kita (yang mungkin sekarang masih berupa api lilin), agar cahaya tersebut bisa menerangi separuh dunia. Jangan sampai redup apalagi menjadi padam cahaya yang menerangi jalan kepenulisan kita. 

Selanjutnya Iqra. Bacalah. Banyak membaca, banyak pula wawasan yang didapat, banyak pula ilmu yang kita dapat. Kita butuh penulis yang baik, yaitu yang produktif. Boleh menulis untuk kaya dan terkenal, tapi kalian tidak akan mencium aroma kepenulisan sejati. Mari kita temukan kembali motivasi menulis! Harus diuji dengan waktu, masalah, rintangan, hingga bisa berdiri gagah inilah motivasi menulis saya.

Tahukan Anda, Hafalan Surat Delisha, ditolak 2 kali penerbit. Jangan langsung menyerah. Fokus produktif menulis! Luruskan dan Perbaiki motivasi!.  Tere Liye punya 99 motivasi. Jika 1 gugur, masih ada yang tersisa. Jadi kalian punya berapa point motivasi? 


Seperti Kata Bang Tere Liye “Waktu terbaik menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu.
Waktu kedua terbaik adalah menanam sekarang!” Tumbuhkan benih pohon yang rindang dan siaplah panen. Penulis yang baik adalah penulis yang produktif. .
.
Berbeda dengan Tere Liye, Bunda Asma dan Bunda Helvy menjadi penulis bukan hanya sekedar keinginan, tetapi praktekkan.Berawal dari mimpi dua gadis kecil dari pinggiran rel kereta api, yang ingin menuliskan banyak buku dan karyanya banyak dibaca. Bukan tidak ada halangan, namun kalahkan dengan tekad yang kuat.

Dewa Eka Prayoga



Kang Dewa Eka Prayoga, membagikan kisah perjalanan hidupnya yang bagaikan roller coster. Bangkrut,bangkit dan terus berbuat baik. Ujian hanyalah mengingatkan bahwa kita butuh Dia, kembali ke Dia.



Kunci sukses Dewa adalah PD yaitu percaya Dia (Allah SWT). Acara jumpa penulis sekaligus launching Novel Bidadari untuk Dewa (BUD), yang ditulis oleh Bunda Asma Nadia tentang jatuh bangun Dewa Eka Prayoga. Haura atau Teh Wiwin, istri dari Dewa Eka Prayoga akan berbagi ketegaran dalam rumahtangga yang dilalui. Ilmu langit yang hanya perlu keyakinan. Jika manusia menganggap ujian begitu berat, sedangkan Allah tak akan menguji hambanya selain sesuai kemampuannya. Ketika sudut pandang manusia menganggap semua kemustahilan, adanya ilmu langit kemustahilan itu terganti dengan pertolongan Allah. Ketika Allah berkehendak maka akan terjadi, yang sakit bisa disembuhkan, yang jatuh terpuruk pun bisa kembali sukses.Novel Bidadari untuk Dewa menjadi novel best seller sebelum rilis.

Quote Dewa



Ippho Santosa




Ippho Santosa justru membagikan rumus sukses menjadi penulis dengan sesuatu yang tak biasa menjadi bisa, ya paksa dan lawan arus, bisa karena terbiasa. Ciptakan judul yang menarik, terus menulis, dan perbaiki diri. .

Ahmad Rif'ai Rifan 




Ahmad Rif’ai Rifan, membagikan kunci sukses yaitu motivasi, eksekusi dan konsistensi.Untuk menulis itu perlu menemukan ritual yang bukan hanya sekedar menulis. Untuk pemula teruslah menulis, terbitkan dan bagikan. Sekalipun butuh pengorbanan tetapi akan menjadi pemacu untuk terus berkarya.

Tendi Murti 




Tendi Murti, memberi kejutan bahwa berkarya itu action dan watak keras untuk terus menulis. Menghadirkan Indah Tinumbia, alumni KMO yang punya kekurangan namun tetap berkarya.

Yang  membuat terharu adalah ketika salah satu founder KMO Indonesia yaitu Tendi Murti mengajak TIM Inti KMO untuk ikut serta naik ke panggung. Tim yang memang paling sibuk dari sebelum acara, ketika acara berlangsung dan setelah selesai acara.

Erna perwakilan dari Tim Media, divisi Marketing


Selain itu ia pun mengenalkan beberapa TIM INTI KMO yang selalu sigap di belakang acara-acara keren KMO, ada Kang Ade Kurniawan, Ernawati Lilys, Shabira Ika dan Rina Maruti.

Tim Inti KMO bukan hanya mewujudkan celetukan-celetukan kang Dewa yang nyaris bikin tim mundur karena ide-idenya yang luarbiasa. Namun, atas bimbingan Kang Dewa Eka Prayoga dalam membangun tim cukup diacungi jempol. Dari yang tidak bisa, menjadi bisa. Dari membayangkan sebuah bayangan saja sudah mengerikan, ternyata bisa diwujudkan. Kata Dewa Eka Prayoga, bangunlah mimpi-mimpi yang besar.


Asma Nadia


Asma Nadia memberikan kunci sukses dalam menulis, untuk menemukan alasan kuat menulis, memilih cerita yang akan dituliskan.Tidak semua kisah kehidupan itu bisa dibuat jadi sebuah novel. Tetapi kehidupan Dewa Eka Prayoga dalam jatuhbangun bisnisnya, kisah pertahanan bidadarinya inilah yang memiliki point unik dan juga banyak hal tak terduga dari seorang Dewa Eka Prayoga. Dalam sejarah menulis novel, Asma Nadia bilang "Novel Bidadari Untuk Dewa merupakan novel yang paling tebal yang pernah ditulis oleh Asma Nadia."

Kini novel ke 54 Asma Nadia yang berjudul Bidadari Untuk Dewa base on true story dari seorang pebisnis Muda/Motivator muda yaitu Dewa Eka Prayoga menjadi novel best seller sebelum rilis. Dalam masa pre order saja sudah banyak dipesan lebih dari 13.730 orang yang pesan. Semoga novel ini banyak menginspirasi keluarga Indonesia, apapun ujiannya tetap bertahan dalam maghligai rumah tangga.

Helvy Tiana  Rosa



Helvy Tiana  Rosa, memberikan ilmu sukses menulis yang berawal dari ide dua gadis kecil di pinggir rel kereta api. Harapan si kakak untuk menjadi penulis buku yang banyak di baca orang dan membangun perpustakaan untuk anak-anak. Mulai dari mengamen dari bus ke bus, untuk mewujudkan impiannya,membeli mesin ketik. Menaklukkan waktu agar bisa terus berkarya. Saat ini Helvy Tiana Rosa yang kini sedang launching sekuel film Duka Sedalam Cinta mulai sejak 19 Oktober lalu. Gencar promo tentang gaung pena dakwah dan sastra santun. 
Baca juga : Duka Sedalam Cinta


Acara besar butuh jiwa besar panitia untuk berkorban waktu dan tenaga. Mereka harus sigap dan siaga melayani tamu undangan dan peserta.



Semoga acara jumpapenulis menjadi wasilah ilmu yang mendatangkan semangat literasi. Harapannya di Jumpa Penulis tahun berikutnya akan banyak ilmu,penulis ternama, dan juga kejutan lainnya yang menarik. 


salam Inspirasi

24 komentar:

  1. Semoga banyak penulis yang mau menebarkan ilmunya dan literasi Indonesia jadi lebih baik.

    BalasHapus
  2. Seru jumpa penulis, bisa belajar penulisan langsung ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, langsung bertemu dengan master kepenulisan. :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Iya, para penulis expert maju semua satu panggung

      Hapus
  4. Senangnya bisa dateng ke acara ini, pasti banyak ilmu yg didapat ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, senang sekali dapat ilmu dari para mentor

      Hapus
  5. Wah penulis favorit saya ada mbak Asma Nadia. Btw saya juga hadir di event ini, sayang belum berkesempatan ketemu ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kah, semoga next bisa berjumpa di event jumpapenulis selanjutnya ya.

      Hapus
  6. Seru banget bisa dateng ke acara keren kayak gini. Bisa banyak belajar. Makasih mb, udah sharing. Aaaah pengen suatu saat ketemu Asma Nadia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, semoga terkabul ya. Sekarang juga bisa ikut kelas novel nya bunda Asma Nadia di kelasnoveldotcom

      Hapus
  7. Penulis keren2 inii..

    Aku lagi nunggu Bidadari untuk Dewa niy, belom dateng aja udah sebulan yang lalu PO nya hahaa

    BalasHapus
  8. Wah seru banget ni acaranya, dapat byk ilmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ser banget sampai ingin diulang kembali :)

      Hapus
  9. KMO apa ya mbak? Haduh sayang banget aku melewatkan acara ini. Baca summary di sini sarat makna. Temukan motivasi dan terus menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KMO itu komunitas menulis online, semoga next tahun depan saudara kembar ikutan yaaa :)

      Hapus
  10. Seru banget ketemu penulis2 ngetop.
    Rasanya kalau udah ketemu mereka pasti kecharge utk mulai nulis lg dan nyelesein karya yg di draft ya mabk? #eh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, inilah yang saya lupa undang. Saudara kembar satu lagi.moga next bisa hadir ya :)

      Hapus
  11. Seru banget ketemu penulis2 ngetop.
    Rasanya kalau udah ketemu mereka pasti kecharge utk mulai nulis lg dan nyelesein karya yg di draft ya mabk? #eh hehe

    BalasHapus
  12. Waaah bertabur ilmu, motivasi, dan harapan kalau ikut acara seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kaka,semoga next kaka bisa hadir dalam undangan ya :)

      Hapus