Cara Mudah Membuat Blog Terbaru



MomsInstitute.com - Begitu banyak permintaan tentang membuat tutorial ngeblog, maka saya buat tutorial cara mudah membuat blog terbaru dan nggak pakai susah.  Cara mudah membuat blog yaitu jika sudah punya akun gmail, selanjutnya login ke blogger. Kemudian buat blogspot gratis untuk Mom menulis.


Sebelum membuat blog pastikan sudah membuat akun gmail ya. Baca juga cara buat akun gmail.

Oke Mom sekarang kita buat "Cara Mudah Membuat Blog , berikut tahapannya" :

  • Masuk ke google penelusuran klik “login blogspot”
  • Klik www.blogger.com, akan ada akun form login gmail : isi alamat email dan password, klik masuk
  • Lalu akan ada  tampilan  blog, klik “buat blog”

  • Klik tombol blog Baru yang ada di sebelah kiri
  • Jika tampilan belum bahasa Indonesia maka klik tombol yang ada di pojok kanan atas layar (disamping bola gerigi) pilih bahasa Indoneia.


  • Setelah memklik tombol Blog Baru maka isilah:
a. Judul : menggambarkan tema dari artikel-artikel yang akan Mom posting pada blog Mom. Contohnya : Blog Aneka Resep mama
b. Alamat :  isi dengan alamat yang Mom suka, cari yang unik, mudah diingat, bisa dikombinasikan dengan huruf dan angka. Contohnya : anekaresepmama10@blogpot.com
c. Apabila alamat blog tidak bisa muncul atau tidak tersedia, maka hapus semua nama alamat dan tulis kembali hingga tersedia  dan berhasil. Hingga ada tanda centang hijau menandakan nama tersebut tersedia.
d. Template :  silahkan pilih template yang telah disediakan blogspot sesuai pilihan yang disuka.
e. Semua pilihan utama tadi seperti JUDUL, ALAMAT, TEMPLATE bisa diganti  lagi nanti di menu setelan dasar. Jadi jika belum sesuai dengan keinginan  maka nanti bisa diedit kembali.
f. Klik  tombol BUAT BLOG, sekarang Blog sudah jadi.

g. Lalu ada tulisan BlogAnda telah dibuat! “MulaiMengepostkan atau tutup. Jika ingin mulai menulis di blog maka klik link “mulai mengeposkan”.




Cara Mudah Membuat blog ini sangat sederhana dan bisa dilakukan sendiri, sekarang bisa langsung mengepostkan tulisan perdana Mom. Karena hidup itu perlu rekam jejak. Menebar kata lewat menulis di blog dan sharing ilmu yang dimiliki dapat bermanfaat bagi orang lain. Selamat mencoba and welcome blogger.

Salam Inspirasi

6 komentar:

  1. boleh nih, simple. Masih kaku juga belum terbiasa dengan blogspot.Biasa pakai wordpress yang sehari-hari mudah digunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum blogspot dan wordpress gimana yang disukai saja, silahkan yang nyamannya di mana.

      Hapus
  2. Pakai blogspot sih, karena diajarinnya pakai blogspot jadi bisanya pakai blogspot. Wordpress belum pernah nyoba juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih mudah blogspot karena memang untuk pemula mudah sekali menjalankan step by step, nggak perlu pasang plug in, atau sejenisnya

      Hapus
  3. Belum bikin blog, masih berpikiran mau bikin blog apa ya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ya, yang dekat dengan keseharian dan paling disukai saja bikin ngeblog jadi happy

      Hapus